Hana Sharaswaty: Jad...
Alumni GADIS Sampul 2011.  
 
Ratujesya Akira: Sem...
Alumni GADIS Sampul 2013. 
 
Marsha Natika: Bisni...
Pemenang Favorit GADIS Sampul 2007. 
 
Veronica Pranata: Pe...
Alumni GADIS Sampul 2009. 
 
 
Email Jakarta

16 Sep 2014
miarahmatika Banten

16 Sep 2014
vilidecia Jawa Timur

16 Sep 2014
Gadissampult...Jawa Barat

15 Sep 2014
ivovilery Banten

15 Sep 2014
maurakian Jawa Barat

15 Sep 2014


A2Z - Q&A
 
ROADSHOW | FORMULIR | FOTO | PENJURIAN | LAIN-LAIN 

1. Jadi Pemilihan GADIS Sampul ini benar-benar nggak dipungut biaya apa pun, ya? Biaya pendaftaran atau administrasi gitu?

Free, gratis, tidak dipungut biaya apa pun. Ingat-ingat, ya! Jadi, kalau ada pihak-pihak yang mengatasnamakan Majalah GADIS dan meminta sejumlah biaya untuk keperluan pemilihan ini, pasti itu bukan dari GADIS. Kamu bisa langsung mengkonfirmasikannya ke GADIS via email: GADIS.redaksi@feminagroup.com, telepon: (021) 5253816, facebook: Majalah GADIS (Gaya Gaul Gosip) atau twitter: @GADISmagz. Tapi kamu pasti butuh biaya untuk mengirim formulir via pos atau online (di warnet). Setelah itu, kamu juga butuh biaya transportasi (dan mungkin akomodasi dan konsumsi) untuk mengikuti penjurian kalau kamu terpilih menjadi Unggulan dan biaya untuk datang ke Jakarta kalau kamu terpilih menjadi Finalis. Tapi dari tim GADIS sendiri sama sekali tidak memungut biaya apapun. Jadi kalau ada pihak-pihak tertentu yang mengatasnamakan majalah GADIS dan meminta kamu membayar sejumlah uang, itu pasti bukan dari GADIS.

2. Salah satu syarat jadi GADIS Sampul itu memang harus mempunyai fisik sempurna, ya? Seperti hidung mancung, kulit putih, rambut panjang dan tinggi?

Hmm, memang kriteria fisik sempurna seperti itu ya? GADIS selalu menganggap bahwa semua cewek itu cantik dan menarik, lho. Tinggal pintar-pintarnya kamu merawat diri saja. Banyak kok, finalis GADIS Sampul yang berkulit gelap, rambut pendek, dan tidak berhidung mancung. Tapi penampilan mereka tetap menarik karena percaya diri, prestasi dan pembawaan yang positif.

3. Temenku tingginya hampir 180 cm, apakah ada syarat tinggi maksimal?

Nggak ada syarat tinggi maksimal, tapi nanti dilihat proporsi badannya. Ada juga kan yang tinggi tapi nggak proporsional. Makanya ada syarat foto seluruh badan, tujuannya untuk melihat proporsi badan kamu.

4. Tapi, kalau syarat tinggi minimal gimana? Itu mutlak nggak?

Ya, itu mutlak. Minimal tinggi kamu harus 155cm. Kalau tinggi kamu masih di bawah 155 cm dan kamu belum 17 tahun, kamu masih bisa nambah tinggi badan. Caranya? Rajin olahraga dan makan makanan yang sehat.

5. Kalau berat badan gimana? Apakah ada syarat minimal juga?


Kalau berat nggak ada persyaratan khusus. Tapi nanti akan dilihat proporsionalnya saja. Yang penting sehat.

6. Kalau pakai kacamata, apakah juga mempengaruhi penjurian?

Nggak masalah pakai kacamata, yang penting pada saat berfoto lepaskan dulu kacamata kamu. Tujuannya biar bentuk wajah kamu bisa terlihat jelas tanpa pengaruh kacamata atau aksesori lainnya. Jadi jangan juga pakai softlens warna-warni, ya!

7. Nah, kalau kawat gigi gimana?

Tujuan memakai kawat gigi kan supaya gigi jadi lebih rapih dan penampilan jadi makin oke dong. Jadi ya nggak masalah. Apalagi kalau kamu nggak merasa bermasalah dengan pemakaian kawat gigi itu. Kalau kamu nggak pede karena merasa gigi kamu belum rapih, tunggu sampai gigi kamu lebih rapih dan kamu merasa lebih percaya diri.

8. Apakah warna kulit juga mempengaruhi penilaian? Harus putih?


Warna kulit boleh apa saja, yang penting bersih dan sehat. Dan yang penting lagi, harus percaya diri dengan apa pun warna kulit yang kita miliki. Andania Suri yang GADIS Sampul 2010 juga nggak berkulit putih, kok.

9. Kalau jerawatan gimana?

Hahaha…nggak pede, ya? Nggak apa-apa, kok. Kan jerawat nggak akan selamanya. Kalau dirawat pasti sembuh. Dan lagi, umur-umur 13-17 tahun memang sedang masanya jerawatan, kan? Bisa karena siklus bulanan bisa juga karena kurang rajin membersihkan wajah. Kalau ikutan GADIS Sampul, mulaideh rajin membersihkan wajah dari sekarang. Siapa tahu kamulah GADIS Sampul 2014. O iya, jangan memakai Digital Imaging untuk menghilangkan jerawat ini, ya. Karena akan terlihat oleh tim juri kalau foto itu tidak asli.


10. Di persyaratan salah satunya tertulis, potong rambut jika diperlukan. Kalau tidak ingin rambutnya dipotong boleh nggak?

Kalau kamu memang nggak mau dipotong rambutnya, tulis saja pernyataan kalau kamu keberatan dipotong. Tapi, walaupun nggak dipotong, rambut kamu pasti akan dirapikan oleh tim GADIS. Sebetulnya belum tentu juga kok rambut kamu dipotong pendek. Soalnya nanti dilihat dulu apakah bentuk wajah kamu cocok dengan rambut pendek atau panjang. Yang jelas GADIS pasti akan memilihkan yang terbaik buat kamu.

11. Oh ya, saya nggak punya Kartu Pelajar karena hilang. Boleh nggak tanpa kartu pelajar?


Boleh, tapi harus bikin Surat Pernyataan dari sekolah yang menyatakan bahwa kamu masih terdaftar di sekolah tersebut. Atau, kamu bisa mengurus pembuatan kembali Kartu Pelajar kamu yang hilang itu. Masih ada cukup waktu kan? Soalnya, harus ada bukti bahwa kamu memang masih bersekolah di SMP/SMA. Sayang kan, kalau kamu didiskualifikasi gara-gara datanya kurang lengkap.

12. Kalau sudah lulus SMA tapi masih 17 tahun dan belum kuliah, gimana?


Maaf sekali, kalau statusnya sudah bukan pelajar SMP/SMA memang sudah nggak boleh. Walaupun umur kamu masih 17 tahun dan belum terdaftar sebagai mahasiswa di mana pun.

13. Tapi kan syarat umurnya masih masuk?


Iya, syarat umurnya memang 13-17 tahun tapi juga harus masih bersekolah di SMP atau SMA. Jadi kalau umur kamu 16 tahun tapi sudah nggak SMA ya nggak boleh. Begitu juga untuk yang umurnya masih 12 tahun tapi sudah masuk SMP, nggak boleh juga. Jadi syarat umur dan sekolah nggak bisa berdiri sendiri atau dipisah.

14. Aku pengin banget ikut GADIS sampul, tapi aku baru aja jatuh dan ada luka di kakiku. Apa dengan luka itu aku masih bisa ikut GADIS Sampul? kalau masih, apa akan mempengaruhi penilaiannya?

Lukanya parah banget ya? Selama tidak mempengaruhi penampilan, nggak akan mempengaruhi penilaian. Lagipula kan lukanya masih bisa sembuh.

15. Karena aku seorang atlet, badanku jadi berotot. Aku nggak pede ikutan GADIS Sampul karena merasa badanku besar.


Wah, kok malah nggak pede? Kalau kamu suka berolah raga, justru badanmu sehat, kan? Banyak kok, GADIS Sampul yang juga atlet, salah satunya Marcella Pranovia (GADIS Sampul 2009) atlet golf atau Tya Ariestya (Alumni GADIS Sampul 2001) yang atlet taekwondo. Bakatmu di bidang olah raga ini justru bisa kamu masukkan ke dalam formulir GADIS Sampul.

16. Yang dimaksud dengan smart dalam pemilihan GADIS sampul itu apa sih?


Smart yang dimaksud adalah punya wawasan yang luas. Seorang GADIS Sampul harus punya prestasi di luar kegiatan sekolah atau setidaknya dia punya banyak kegiatan positif sebagai remaja untuk menambah wawasannya.

17. Nah, sekarang soal prestasi. Gimanakalau piagam-piagam saya hilang karena terkena musibah banjir? Apakah bisa disebutkan saja?


Wah, sedih sekali. Tapi sebutkan saja dulu semua prestasi kamu itu. Nanti akan ada sesi khusus untuk membuktikan apakah prestasi kamu itu benar atau tidak. Yang penting, kamu harus tetap percaya diri meskipun tanpa piagam.

18. Di formulir GADIS Sampul kan kita harus memfotokopi sertifikat/piagam yang kita punya. Nah, kalau aku punyanya piala gimana?


Nggak usah khawatir. Kamu tetap bisa kan, mencantumkan prestasi yang kamu peroleh dan mendapatkan piala itu. Tulis saja secara lengkap di formulir, apa saja yang pernah kamu raih. Nanti, kalau memang kamu terpilih menjadi unggulan, akan ada proses interview lebih lanjut kok dari tim GADIS, mengenai kegiatanmu sehari-hari. Di situ kamu bisa bercerita lebih lengkap tentang prestasi yang pernah kamu raih.

19. Kalau soal prestasi, gimana kalau saya belum punya prestasi apa pun di bidang modeling?

Nggak apa-apa. Justru GADIS mencari cewek-cewek yang belum punya pengalaman di bidang modeling untuk diberi pembekalan supaya punya pengalaman dan eksis di dunia modeling. Prestasi yang diharapkan adalah prestasi yang membanggakan selama kamu menjadi remaja cewek. Bisa prestasi akademis, bisa juga prestasi di luar akademis, seperti aktif di organisasi remaja dan sebagainya.

20. Kalau nggak punya prestasi, apakah masih bisa ikutan GADIS Sampul?


Waduh, masak sih kamu nggak punya prestasi? Ingat ya, yang dimaksud prestasi di sini bukan hanya berupa piagam atau piala dan nggak terbatas kegiatandi sekolah saja. Yang penting punya kegiatan positif yang membanggakan dan bermanfaat. Misalnya menjadi volunteer, pengurus OSIS, anggota klub basket dan sebagainya.

21. Jadi, prestasi juga mempengaruhi penilaian, ya?


Pasti. Diharapkan seorang GADIS Sampul nggak cuma cantik saja, tapi juga punyaprestasi atau kegiatan yang bisa dibanggakan. Modal prestasi ini juga akan mempengaruhi kepercayaan diri kamu pada saat penjurian nanti.

22. Apakah piagam/sertifikat kenaikan level dalam suatu kursus bisa dibilang prestasi dan disertakan ke dalam formulir?

Mengikuti kursus sampai melewati beberapa level, artinya kamu memiliki kegiatan positif yang kamu tekuni. Dan dari situ bisa terlihat bahwa kamu mahir dalam bidang yang kamu ikuti tersebut. Maka menurut GADIS, itu adalah sebuah nilai plus juga. Jadi, jangan ragu untuk menyertakannya ke dalam formulir, ya.

23. Seandainya tidak lolos pemilihan GADIS Sampul, apakah akan ada pemberitahuan dari pihak GADIS?

GADIS akan menghubungi Sobat Setia GADIS yang terpilih/lolos menjadi Calon Unggulan, Unggulan, Semi Finalis dan Finalis. Teman-teman yang tidak terpilih tidak akan dihubungi oleh tim GADIS.

24. Seandainya sudah masuk tahap Unggulan tahun ini tapi aku membatalkan tahapan selanjutnya karena ada hal tertentu, apakah masih boleh ikut tahun depan?

Kalau umurnya masih memenuhi syarat, masih bisa ikutan tahun depannya lagi. Bahkan yang sudah terpilih sampai Semi Finalis, masih boleh ikutan lagi kok kalau memang penasaran. Yang penting umurnya masih belum lebih dari 17 tahun.

 
Bookmark and Share